Rabu, 15 Januari 2014

Proposal kewirausahaan



BAB I
PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang
Pada era orde baru, pemerintah sadar bahwa untuk memajukan bangsa dan negara, peran serta masyarakat swasta harusdilibatkan secara serius. Oleh sebab itu, kewirausahaan mulai diperkenalkan dengan berbagai penekanan bahwa lowongan kerja tidak akan mampu menampung jumlah angkatan kerja yang dari tahun ketahun semakin membengkak. Lebih jauh para pengusaha kecil dibina dengan harapan bisa berkembang menjadi tonggak tumpuan ekonomi dimasa datang. Penguasaha besar diberi kemudahan, karena merekalah kini pemain-pemain utama yang mendukung tugas pemerintah disektor ekonomi. sebagai negara berkembang bisa dimengerti jika terjadi berbagai ekses dan penyimpangan. Masyarakat yang berlatarbelakang non enterpreneur serta cendrung feodalis, bangsa Indonesia tampak kurang siap diberbagai aspek. Dalam periode transisi dari alam birokrasi keiklim bisnis yang serba cepat, pacuan kewirausahaan para pengusaha Indonesia kedodoran pada segi-segi yang amat penting, diantaranya faktor sikap mental (attitude), motivasi, etos kerja serta kesadaran tentang pengabdian kepada bangsa dan negara.
Pada saat ini industri perdagangan berkembang dengan pesat. Seorang wirausawan adalh seorang yang memiliki keahlian untuk menjual, mulai dari menawarkan ide hingga komoditas baik berupa produk atau jasa. Dengan kreativitasnya, wirausawan mampu beradaptasi dengan berbagai situasi dan lingkungan. Sebagai pelaku bisnis wirausawan harus mengetahui dengan baik manajemen penjualan, gaya dan fungsi manajemen. Untuk berhasil, ia harus mampu berkomunikasi dan menguasai berbagai elemen kecakapan managerial, serta mengetahui tehnik menjual yang strategis mulai dari pengetahun tentang produk, ciri khas produk dan daya saing produk terhadap produk sejenis.
Dengan berbagai latar belakang diatas, saya akan mengkaji lebih dalam mengenai proses pembuatan produk Dadar Gulung Cokelat Keju serta pembukaan dan pemasaran yang akan saya lakukan diberbagai tempat.

1.2    Rumusan Masalah
1.2.1   Bagaimana proses sistem pemasaran yang dilakukan ?
1.2.2   Apa saja hambatan-hambatan yang ditemukan dalam memproduksi maupun memasrkan Dadar Gulung Cokelat Keju ?
1.2.3   Adakah pesaing produk yang sama yang telah beredar dipasaran ?

1.3    Batasan Masalah
Batasan maslah dalam proposal yang saya buat ini hanya membahas mengenai sistem pemasaran, apa saja hambatan yang ditemukan selama menjalani produksi Dadar Gulung Cokelat Keju, dan apakah ada pesaing produk yang sama dipasaran.

1.4    Tujuan
1.4.1   Untuk mengetahui bagaimana proses sistem pemasaran yang dilakukan dalam memasarkan Dadar Gulung Cokelat Keju.
1.4.2   Untuk mengetahui apa saja hambatan-hambatan yang dihadapi dalam memproduksi maupun memasarkan Dadar Gulung Cokelat Keju.
1.4.3   Untuk mengetahui apakah ada pesaing produk yang sama dipasaran.

1.5    Luaran yang Diharapkan
1.5.1   Produk Dadar Gulung Cokelat Keju siap dipasarkan dipasarkan dengan kualitas yang terjamin.
1.5.2   Produk Dadar Gulung Cokelat Keju siap bersaing dengan pesaing lainnya.



1.6    Kegunaan atau Manfaat
1.6.1   Manfaat untuk Mahasiswa
Manfaat yang dapat dirasakan oleh mahasiswa yaitu munculnya jiwa kewirausahaan dalam diri. Hal ini dapat melatih mahasiswa untuk lebih berani dalam berwirausaha dan menghadapi semua resikonya. Selain itu, manfaat yang dapat dirasakan oleh mahasiswa adalah semakin meningkatnya daya kreativitas. Tingginya daya kreativitas membantu mahasiswa untuk berani menciptakan inovasi-inovasi yang baru.

1.6.2   Manfaat untuk Universitas
Manfaat yang dirasakan universitas yaitu adanya pandangan ( image ) yang  baik dari masyarakat, karena mahasiswanya memiliki jiwa kewirausahaan dan daya kreativitas yang tinggi.

1.6.3   Manfaat untuk Masyarakat
Manfaat yang dirasakan oleh masyarakat yaitu masyarakat dapat mengonsumsi Dadar Gulung Cokelat Keju dengan harga yang terjangkau namun tetap memiliki nilai gizi yang baik. Selain itu, menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat, karena dalam suatu usaha tetap membutuhkan tenaga kerja.









BAB II
PERENCANAAN MODAL

2.1 Profil Usaha
Awal dari usaha jualan makanan ringan atau cemilan ini adalah tugas kewirausahaan yang telah diberikan oleh dosen. Ide membuat jajanan Dadar Gulung Cokelat Keju ini didapat dari masukan berbagai ide dari orang-orang sekitar.
2.2 Produk Usaha
Produk yang saya jual adalah Dadar Gulung Cokelat Keju. Dadar Gulung Cokelat Keju berbentuk panjang dengan keju sebagai taburannya, membuat jajanan ini semakin menarik untuk dicoba dan dijadikan makanan ringan. Kulit yang berwarna cokelat terbuat dari tepung terigu, santan dan garam serta campuran perasa cokelat sehingga kulit dari Dadar Gulung Cokelat Keju ini semakin gurih.
Alasan saya memilih Dadar Gulung Cokelat Keju adalah selain enak dan mudah membuatnya, Dadar Gulung Cokelat Keju kaya akan gizi. Isi dari Dadar Gulung Cokelat Keju ini adalah pisang yang merupakan sumber energi (karbohidrat) dan mineral terutama kalium. Selain itu terdapat magnesium, fosfor, besi dan kalsium. Pisang juga mengandung vitamin C, B kompleks, B6 dan serenotin yang aktif sebagai neurotransmitter dalam kelancaran fungsi otak. Nilai energi pisang sekitar 136 kalori untuk setiap 100 gram, yang secara keseluruhan berasal dari karbohidrat. Selain pisang yang kaya akan gizinya, Dadar Gulung Cokelat Keju ini bertabur keju parut diatasnya. Keju memiliki kandungan protein 10-30% , selain itu keju kaya akan fosfor dan kalsium. Satu ons keju mengandung sekitar 200ml kalsium. Vitamin yang terkandung dalam keju adalah vitamin A, D, B2, B6 dan B12.
Komposisi Dadar Gulung Cokelat Keju :
1.    Tepung terigu ¼ kg Rp. 2000
2.    Pisang 1 sisir Rp. 6000
3.    Keju Chedaar 180 gram Rp. 19.000
4.    Pewarna dan perasa cokelat Rp. 4.000
5.    Garam 2sdt Rp. 500
6.    Teplon Rp. 90.000
7.    Plastik Rp. 7000
8.    Santan 1000ml Rp. 4000
9.    Gas elpiji Rp. 15.000
Cara membuat Dadar Gulung Cokelat Keju :
1.    Didihkan santan
2.    Kukus pisang selama 20 menit, lalu potong-potong panjang
3.    Parut keju cheddar
4.    Campur tepung terigu, garam, santan, perasa dan pewarna cokelat sampai tercampur dengan rata
5.    Goreng adonan dipenggorengan teplon hingga uap air hilang
6.    Gulung pisang kukus dalam adonan yang sudah matang
7.    Taburkan keju parut diatasnya
8.    Kemas dalam plastik

2.3  Sistem Pemasaran
Pemasaran adalah suatu proses sosial dan managerial dimana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan dan bertukar sesuatu yang bernilai satu sama lain. Definisi ini berdasarkan pada konsep inti, yaitu kebutuhan, keinginan dan permintaan, produk, nilai, biaya dan kepuasan, pertukaran, transaksi dan hubungan, pasar, pemasaran dan pemasar.
Adapun tujuan pemasaran adalah mengenal dan memahami pelanggan sedemikian rupa sehingga produk cocok dengannya dan dapat terjual dengan sendirinya. Untuk itu, produk-produk saya, saya pasarkan dikalangan masyarakat umum dan mahasiswa. Untuk masyarakat umum sendiri saya pasarkan didaerah Labuhan Dalam, sedangkan untuk mahasiswa saya pasarkan di area sekitar kampus. Namun disini yang menjadi target pasar saya dalam menjual Dadar Gulung Cokelat Keju adalah mahasiswa.
Saya memilih berjualan di kampus Universitas Lampung (Unila) dikarenakan Dadar Gulung Cokelat Keju lebih cepat terjual daripada daerah sekitar perumahan. Dimana remaja-remaja saat ini cenderung membeli jajanan ringan namun terasa menyenangkan daripada membeli makanan berat.

2.4  Aspek Organisasi dan Manajemen
Untuk usaha ini masih terbilang kecil, jadi masih belum ada karyawan untuk usaha ini.

2.5  Hambatan Usaha
Menjalani sebuah usaha tidak akan berjalan dengan lancar seperti yang diinginkan kebanyak enterpreneur. Hambatan usaha merupakan suatu resiko yang menjadi ketidakpastian dalam menjalani usaha. Hambatan-hambatan yang saya hadapi dalam melakukan kegiatan berwirausaha ini adalah :
1.    Tidak ada waktu, karena waktu dipergunakan untuk kuliah dan mengerjakan tugas.
2.    Tidak tersedianya tenaga.
3.    Kendala fasilitas yang kurang memadai.
2.6  Analisis SWOT
Setiap kegiatan untuk memulai usaha saya harus mengukur kemampuan saya terhadap lingkungan atau pesaing yaitu analisis SWOT.


1.    Strength (Kekuatan)
Kekuatan dari produk Dadar Gulung Cokelat Keju yaitu :
a.    Menjual produk untuk semua kalangan masyarakat
b.    Bahan produk yang digunakan terjamin sehat dan higienis
c.    Harga yang ditawarkan sangat terjangkau untuk semua kalangan

2.    Weakness (Kelemahan)
a.    Kelemahan dari produk Dadar Gulung Cokelat Keju yaitu :
b.    Tidak dapat tahan lama
c.    Produknya mudah untuk ditiru

3.    Opportunity (Peluang)
a.    Peluang dari adanya Dadar Gulung Cokelat Keju yaitu :
b.    Tempat yang digunakan sangat strategis, yaitu lingkungan kampus
c.    Fasilitas yang cukup memadai

4.    Threath (Ancaman)
Ancaman yang dihadapi oleh bisnis kewirausahaan Dadar Gulung Cokelat Keju ini yaitu adanya pesaing yang menjual produk dengan harga yang lebih murah.

2.7 Aspek Modal Usaha
2.7.1  Laporan Keuangan
Laporan keuangan adalah sekumpulan informasi keuangan perusahaan dalam suatu peeriode tertentu yang disajikan dalam bentuk laporan sistematis yang mudah dibaca dan dipahami oleh semua pihak yang membutuhkan.
2.7.2  Pengendalian Aspek Keuangan
Metode yang saya gunakan dalam pengendalian aspek keuangan adalah memanage sebaik mungkin antara pengeluaran yang harus dikeluarkan dengan benar dan pendapatan yang seharusnya diterima. Sehingga laba yang didapatkan dapat digunakan untuk kebutuhan lainnya.
2.7.3  Jadwal Kegiatan
Jadwal Kegiatan = Penjadwalan Kegiatan dan Personalia
No
Kegiatan
Bulan Ke-
1
2
3
4
A
Persiapan




1
Bahan proposal
V



2
Survey bahan-bahan
V



B
Pelaksanaan




1
Membuat proposal

V
V

2
Memperkenalkan Dadar Gulung Cokelat Keju

V


C
Pembuatan Proposal




1
Laporan Proposal


V
V
2
Laporan Keuangan


V


2.7.4  Rancangan Biaya
Rancangan Biaya= Penyusunan Anggaran Biaya
Biaya total dari kegiatan ini adalah Rp. 160.500 , yang terdiri dari bahan habis pakai, peralatan penunjang, biaya perjalanan dan biaya lain-lainnya. Perinciannya disajikan pada table dibawah ini.

a.    Biaya bahan habis pakai
No
Nama
Bahan
Satuan
Kebutuhan
Harga (Rp)
Satuan
Total
1
Tepung Terigu
Kg
1/4
8000
2000
2
Santan
Liter
1L
4000
4000
3
Keju Cheddar
Gram
187
19000
19000
4
Pisang
Sisir
1 sisir
6000
6000
5
Pewarna dan Perasa Cokelat
Botol
sdm
4000
4000
6
Garam
Bungkus
sdt
500
500

b.    Biaya peralatan penunjang
No
Nama
Bahan
Satuan
Kebutuhan
Harga (Rp)
Satuan
Total
1
Teplon
Buah
1
90000
90000
2
Gas Elpiji
Tabung
1
15000
15000

c.    Biaya perjalanan
No
Nama
Bahan
Satuan
Kebutuhan
Harga (Rp)
Satuan
Total
1
Bensin
Liter
2
6500
13000

d.   Biaya lain-lain
No
Nama
Bahan
Satuan
Kebutuhan
Harga (Rp)
Satuan
Total
1
Plastik
Lusin
1
7000
7000









BAB III
PENUTUP

3.1  Kesimpulan
Harapan saya untuk produk Dadar Gulung Cokelat Keju ialah agar produk ini bisa lebih berkembang, maju dan lebih banyak konsumen yang meminatinya. Selain itu, saya mengharapkan supaya produk makanan ini tidak berkurang karena produk ini sangat bagus dan berkualitas.Saran

3.2  Saran
Demikian proposal ini saya buat. Saya menyadari masih banyak kesalahan didalam proposal ini. Oleh karena itu, kami membutuhkan saran dan kritik dari Bapak/Ibu. Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar